Belajar HTML untuk pemula

ATURAN DALAM PENULISAN HTML



#3
Halo teman teman bertemu lagi di ngodin9yuk di postingan sebelumnya Tag dan fungsinya dalam HTML sudah membahas beberapa tag dalam HTML nah di postingan ini saya akan memberi materi Aturan Dalam Penulisan HTML disini kita belajar bersama dan saya juga masih belajar :D kalau kalian ingin belajar dan praktek langsung bisa lihat w3school.com disitu lengkap sekali tidak cuman HTML saja tapi bahasa pemrograman lainya.
langsung saja ke materi nya yaa...

Aturan dalam penulisan HTML

Selama belajar HTML , anda perlu memperhatikan beberapa aturan yang berlaku agar tampilan website yang anda rancang sesuai dengan harapan, berikut aturan-aturan yang penting untuk diketahui : 

Case Sensitive 

HTML tidak case-sensitive sehingga dalam praktek penulisanya, cara penulisan tag <p> sama dengan tag <P>.

Tidak semua tag Berpasangan

Apakah semua tag HTML berpasangan? tidak semuanya . Terdapat pengecualian beberapa tag tidak harus ditulis berpasangan, misalnya :

  • Tag <br> untuk break (membuat baris baru)
  • Tag <hr> untuk membuat garis horizontal/horizontal line.
tag ini dikenal dengan self closing tag  atau void tag  untuk menulis tag seperti ini, bisa ditulis dengan <br> maupun <br/>.

Simpan dalam bentuk File HTML

Dokumen HTML disimpan dalam file berekstensi .htm atau .html ketika anda mendesain halaman web untuk menampilkan informasi barang misalnya,  maka simpan file dengan nama harga.htm atau harga.html

Dokumen HTML untuk Homepage Disimpan dengan Nama Index.html

Homepage adalah halaman pertama atau halaman depan yang akan dilihat pada saat seorang pengunjung masuk ke sebuah website, khusus untuk homepage, anda perlu menyimpanya dengan nama khusus yaitu index.htm atau index.html


Mungkin itu saja dahulu materi tentang Aturan dalam Penulisan HTML untuk kalian yang belum melihat artikel tentang pengenalan HTML bisa lihat Pengenalan HTML Terus ikuti blog ini karna saya akan update setiap hari tentang belajar HTML untuk pemula.

"Jikalau kita mau berusaha pasti kita akan meraih apa yang kita inginkan"
Show comments
Hide comments

2 Responses to "Belajar HTML untuk pemula"

  1. mas klo Tag
    itu kan untuk break (membuat baris baru), nah klo untuk spasi apa ya kode htmlnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. style="line-height: 2em; itu mas bisa pakai, line-heigt dengan satuan em

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel