Belajar Dasar HTML lengkap pemula

PENGENALAN HTML



Belajar dasar dasar HTML
#1


Halo teman teman dipostingan Pertama ngodin9yuk,  saya akan memberikan materi tentang dasar dasar HTML, buat kalian yang belum bisa tidak apa apa kita belajar bersama disini , kalau kalian ingin belajar lebih mudahnya lagi bisa lihat W3Schools.com

Mengenal Html

Html merupakan singkatan dari hypertext Markup Languange. Dari definisi tersebut, kita dapat mengetahui ciri ciri dari Html,  yaitu sebagai berikut :

  • Hypertext : Di dalam kode Html, anda bisa membuat teks menjadi link yang fungsinya untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainya atau dari satu halaman ke halaman lainya atau dari satu halaman ke alamat situs lainya dengan mengklik teks tersebut. 
  • Markup Languange : Html menggunakan tanda (dalam bahasa Inggris disebut "mark")  untuk menandai bagian-bagian dari teks agar teks itu memiliki tampilan/fungsi tertentu. Misalnya, teks yang berada diantara tanda (mark) <b> atau <i> akan menjadi tebal dan miring. Dalam praktek nya tanda tersebut disebut dengan Tag. 

Struktur Dasar Html

Html merupakan dokumen yang terstruktur. Html setidaknya memiliki struktur dasar yang terdiri dari :

  • Tag DTD atau DOCTYPE 
  • Tag HTML
  • Tag HEAD
  • Tag BODY
Struktur diatas merupakan struktur HTML paling dasar. Lihat script berikut

    <!DOCTYPE html>

    <html>
            <head>
                    <title> Belajar HTML di                                                  ngodin9yuk.blogspot.com
             </head>
       <body>
              <p> Halo Agan agan </p>
       </body>
       </html>

Penjelasan dari Tag tag yang ada di atas

Tag DTD atau DOCTYPE 

DTD adalah singkatany dari Document Type Declaration yang berfungsi untuk memberi tahu browser bahwa dokumen yang akan di tampilkan adalah dokument HTML.

Tag HTML

Tag ini merupakan tag pembuka dari seluruh halaman web yang akan kalian buat. Selanjutnya, semua kode HTML yang menandai bagian bagian dalam dokumen serta membentuk desain sbuah halaman website harus berada sebelah tag <html>. Tag <html> harus ditulis berpasangan sehingga dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>. Dan kode kode HTML lainya ada dianyata tag pembuka dan penutup.

Tag HEAD

Tag yang ditulis dengan bentuk <head> ini brrfungsi secara teknis bagian yang ditulis pada tag <head> umumnya berbentuk keterangan tekni, seperti definisi dan judul halaman, kode kode CSS, Javascript, deskripsi halaman dan kode kode lainya yang tidak terlihat sebagai salah satu desain dalam sebuah halaman. Tag <head> berada pada atas halaman ya guyss.


Title akan ditampilkan didalam Tab jendela pada chrome



Tag Body

Tag <body> digunakan untuk meletakkan semua isi elemen yang akan terlihat di dalam halaman website pada saat HTML itu diakses oleh browser. Seperti dokumen biasa yang mengandung beberapa isi elemen, sperti paragraf,  tabel,  link,  gambar dan lain sebagainya, kemunculan isi elemen itu ditulis diantata tag <body> dan </body>.

Mungkin itu saja dahulu untuk belajar dasar dasar HTML, dan pembelajaran berikutnya ngodin9yuk akan memberikan pembahasan tentang MENGENAL TAG DAN FUNGSINYA,  jadi jangan lupa ikuti terus blog ini dan jangan lupa beri koment untuk blog saya...
Dan kalau kalian ingin mempraktekan sekalian belajar bisa lihat W3Schools.com

"Jikalau kita mau berusaha pasti kita akan meraih apa yang kita inginkan"


Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Dasar HTML lengkap pemula "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel